UNIVERSITAS JEMBER

Jl. Kalimantan No. 37 Kampus Tegal Boto Sumbersari Jember

Selasa, 11 April 2017

SMART CAMP 9 (Open Recruitment UKM PELITA)



Smart camp 9 adalah kegiatan open reqruitment anggota baru UKM PELITA Universitas Jember merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh UKM PELITA . Dari smart camp inilah dapat menciptakan generasi penerus yang memiliki semangat juang membangun UKM PELITA lebih aktif.
Smart camp 9 dibagi menjadi duabagian yaitu smart camp ruang dan smart camp lapang. Tahun ini telah selesai kegiatan smart camp yaitu pada bulan lalu tepatnya 11 Maret 2017 untun smart camp ruang di Lantai 3 Gedung rektorat Universitas Jember, sedangkan untuk smart camp lapang tanggal 18-19 Maret 2017 di PTPN Zeelandia Tanggul.

Sebelum pelaksanaan smart camp 9 adapun syarat bagi peserta yang ingin bergabung UKM PELITA harus melengkapi CV, dan membuat essay motivasi. Dari sinilah kualitas kesungguhan peserta dapat dilihat, email yang masuk saat pendaftaran sekitar 160 lebih yang kita ambil 145 peserta dengan 4 peserta sebagai waiting list.

Smart camp ruang berlangsung di  Lantai 3 Gedung rektorat Universitas Jember dengan di buka Pembina UKM PELITA Bapak Isa dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dilanjutkan materi kepenulisan dan media presentasi. Di sela-sela kegiatan ada ice breaking membuat suasana lebih cair lagi agar peserta tidak terlalu serius, ice breaking kita selingi game dan English fun. Di akhir acara ada materi tentang pengenalan UKM PELITA serta divisi-divisi yang ada dalam UKM PELITA, dilanjut pembagian kelompok untuk penugasan membuat PKM dan pembagian form magang bagi peserta.

Seminggu setelahnya smart camp lapang, perjalanan dimulai pukul 07.00 WIB dengan menggunakan pik up TNI dari ARMED denan jumlah 3 pick up, dan siang pukul 13.00 juga ada yang berangkat 1 pick up. Sampai disana pukul 09.00 registrasi dan pembagian mamiri, membawa tas ke kamar yang telah disediakan. Selanjutnya materi tentang pengenalan potensi local yang ada di PTPN, kebetulan ada pabrik karet yang bisa dijadikan bahan obeservasi. Jadi peserta dibagi beberapa bidang permasalahan dan menyimpulkan hasil yang telah diobservasi untuk disampaikan ke forum dan didebatkan bagian yang pro dan kontra.

Selanjutnya ada pengenalan MITI dan ILP2MI yaitu suatu organisasi keilmuan yang ada di Indonesia dan PELITA juga menjalin hubungan baik dengan organisasi tersebut. Lalu ishoma dilanjutkan debat pro dan kontra untuk kelompok yang obeservasi. Peserta yang sangat antusiat saat debat membuat waktu tidak terasa sudah hamper magrib, dan dilanjutkan istirahat sholat.
Kembali lagi pukul 18.30 yaitu dengan acara persentasi finalis tugas lomba PKM yang diberikan saat SC ruang, ada 5 finalis yang mempresentasikannya. Selesainya ada acara sharing with alumni. PELITA mendatangkan alumni dai pengurus 2 tahun lalu dan tahun lalu untuk memberikan pengetahuan umum pelita dan pengalaman selama di pelita.

Selanjutnya ada makrab divisi. Jadi makrab perdivisi ini, bagi anak magang yang mengisi form sudah mendapatkan tempat magang berkumpul perdivisinya, sehingga dengan system ini anak magang mengenal proker dan pengurus sesame divisi, dan teman sedivisinya. Jadi untuk kedepannya setidaknya tahu dengan teman dan kakak divisi tersebut. Akhir acara malam minggu PELITA diisi penyebutan jargon masing-masing divisi.

Keesokan harinya pukul 06.00 diadakan senam penguin , lalu pembagian kelompok outbond dan memberi mereka tugas membuat yel-yel perkelompok. Selanjutnya pembagian roti dan outbond.
Outbond dibagi sesuai divisi, ada 5 pos. yaitu kaderisasi,p2m,litbang dan bina desa, serta mandataris dan DPO. Masing-masing divisi memiliki keseruan sendiri dan dilihat ekspresi peserta yang slalu bersemangat dari pos ke pos. Selanjutnya bersih-bersih diri dan merapikan barang, lalu makan dan pembagian hadiah untuk peserta aktif, kelompok-kelompok, dan pemenang lomba tugas pkm. Setelah itu sayo nara dan go home ke Universitas Jember

0 komentar:

Posting Komentar