UNIVERSITAS JEMBER

Jl. Kalimantan No. 37 Kampus Tegal Boto Sumbersari Jember

Selasa, 09 Mei 2017

Pelatihan PKM “Meraih Emas melalui Mahakarya Mahasiswa Universitas Jember Menuju PIMNAS 2017”

Minggu , 7 Mei 2017 UKM pelita mengadakan acara Pelatihan PKM. Acara ini dilaksanakan dengan 2 kelas berbeda yaitu kelas  saintek dan  kelas soshum . Kelas saintek diadakan di Rektorat lantai 3 dengan pemateri  Nurud Diniyah, S. Tp, M.P  dosen dari FTP dan kelas soshum diadakan di Gedung Soerachman lantai 3 dengan pemateri Prof. Dr. Bambang Wibisono, M.pd. dosen dari FIB. Tujuan dari pembagian dua kelas ini adalah agar materi yang didapat oleh peserta lebih terfokus sesuai dengan bidangnya masing-masing. Acara pelatihan PKM ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan oleh UKM PELITA yaitu Lomba PKM Raya 2017 dengan tema “Meraih Emas melalui Mahakarya Mahasiswa Universitas Jember Menuju PIMNAS 2017”. Lomba PKM Raya ini sendiri dibagi menjadi tiga sesi yaitu pelatihan yang telah dilaksanakan pada minggu kemarin, Lomba PKM 5 bidang dan Malam penganugrahan.
            Pelatihan PKM ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa UNEJ. Pelatihan ini mendapat banyak apresiasi baik dari dosen maupun mahasiswa unej sendiri. Hal tersebut terbukti dari jumlah mahasiswa yang mendaftar melalui SISTER. Pendaftaran pelatihan PKM dibuka  pada tanggal 3 Mei untuk 150 kuota masing-masing untuk kelas  saintek dan soshum. Kurang dari 30 menit kuota pendaftaran baik untuk soshum dan saintek telah habis. Melalui sambutannya drg. Happy, M.kes sangat mengapresiasi acara ini dan berharap acara seperti ini akan terus berlanjut kedepannya.
            Antusiasme peserta pelatihan sangat terlihat dalam acara ini, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab kepada pemateri. Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah agar peserta dapat mengetahui standart lolos PKM yang didanai oleh DIKTI dan juga strategi-strategi untuk lolos PIMNAS. Harapan setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat terus mengikuti rangkaian acara lain yaitu mengikuti lomba PKM Raya.  Acara pelatihan PKM raya ini terbilang sukses. Seluruh rangkaiann acara dari mulai pembukaan sampai penutupan terlaksana walaupan sempat terjadi miskomunikasi seperti keterlambatan pembukaan acara dan miskomunikasi antar panitia dengan MC.
            Acara pelatihan PKM Raya berakhir pada pukul 11.30 dan dilanjut acara SIP (Sharing With Pelita) yang dihadiri oleh delegasi UKM Penelitian dan Penalaran ataupun perwakilan BEM tiap fakultas. SIP ini bertujuan untuk sharing mengenai seberapa besar PKM diminati dan kendala yang terjadi pada setiap fakultas. Acara SIP ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pelita. Bahasan dari SIP ini adalah menentukan target Proposal PKM yang dapat dikirim oleh setiap fakultas.

0 komentar:

Posting Komentar